06 Mei, 2008

Pemprov Siapkan Rp157,9 M

Makassar, Pemerintah provinsi Sulsel menyiapkan anggaran sebesar Rp157,9 miliar untuk mendukung program pendidikan dan kesehatan gratis. Namun pada saat ini, dari 23 Kabupaten di Sulsel,program pendidikan dan kesehatan gratis yang merupakan kontrak politik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang (Sayang) kepada masyarakatbaruakandiujicobakan di 11 kabupaten/kota.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Saleh Gottang mengatakan, anggaran yang dikucurkan untuk menjalankan program tersebut berkisar Rp1 miliar untuk anggaran pendidikan gratis. ”Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 1.382.439 siswa yang akan mendapatkan pendidikan gratis di Sulsel,” ujar dia di Makassar kemarin.

Dia menuturkan,ke-11 kabupaten yang siap melaksanakan program tersebut, antara lain Gowa, Makassar,Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Selayar,Pangkep,Barru,Tana Toraja, Luwu Utara, dan Sinjai. Untuk diketahui,di Kabupaten Sinjai, Pangkep, khusus Gowa, program pendidikan dan kesehatan gratis sudah berjalan.

Selain itu,Pemprov Sulsel juga akan mengucurkan anggaransebesarRp156miliaruntuk biaya operasional program pendidikan gratis.Anggaran ini akan dibagi dua dengan program kesehatan gratis. Lebih lanjut dia mengungkapkan, pada 2008 ini, pemerintah juga memberikan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diperuntukkan bagi 1.045.708 siswa SD dan 336.731 siswa SMP.

umlah tersebut akan diterima masing-masing siswa sebesar Rp254.000 setiap tahunnya. Sementara, siswa SMP akan mendapatkan sebesar Rp354.000 setiap tahun. Dia menegaskan, dana BOS sepenuhnya diperuntukkan bagi siswa dan bukan untuk guru sebagaimana isu yang banyak berkembang. ”Dana BOS tidak ada kaitannya dengan guru,” tegas dia dalam acara pemaparan kinerja SKPD lingkup pemprov di Kantor Gubernur kemarin.

Khusus program kesehatan gratis ini,Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Saad Bustan menjelaskan, program pelayanan kesehatan gratis yang dijamin pemprov bersifat komprehensif sesuai kebutuhan medik.Pelayanan kesehatan gratis ini dapat diperoleh pada puskesmas pembantu, pelayanan rawat inap kelas III, dan pelayanan rawat inap III di semua pelayanan rumah sakit pemerintah.

Dia mengatakan, dana yang dipersiapkan sebesar Rp900 juta. ”Dalam waktu dekat Sulsel akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman MoU (memorandum of understanding) tentang uji coba percontohan program kesehatan gratis di 11 kabupaten. Pada 2009, seluruh kabupaten telah menerapkan pelayanan kesehatan gratis ini,” tutur dia.

Dia menjelaskan, untuk pelayanan kesehatan gratis, masyarakat diharapkan berkunjung ke sarana pelayanan kesehatan gratis dan menunjukkan kartu berobat yang akan diterbitkan hanya dengan menunjukkan KTP.Bagi peserta Askes Sosial,Jamsostek, Askes Komersial, tetap harus menggunakan fasilitas yang telah ditentukan dan menunjukkan kartu sesuai jenis asuransinya.

0 komentar:

Kompas.Com

Berita Surat Kabar Tribun Timur Makassar

BERITAKOTA MAKASSAR